Jumat, 02 November 2012

Mitos Lucu dan Unik Tentang Kentut

Di beberapa daerah suatu negara ada mitos lucu tentang kentut. Kentut merupakan peristiwa alami pengeluaran gas dari perut melalui dubur. Sering kali proses pengeluaran gas atau kentut ini selalu diiringi dengan aroma dan bau yang tidak sedap sehingga sering menimbulkan suatu masalah yang menyebabkan orang yang mencium bau tersebut merasa tidak nyaman.

Mitos lucu tentang kentut

Meski merupakan peristiwa biasa, banyak anggota masyarakat yang punya mitos lucu tentang kentut. Misalnya masyarakat yang tinggal di pedalaman Skandinavia percaya jika ada orang yang mengeluarkan kentut ketika dirinya sedang makan, maka santapan yang sedang dinikmati tersebut juga dinikmati oleh setan atau makluk ghaib yang lain. Mereka langsung membuang makanan tersebut melakukan puasa hingga tubuhnya mengeluarkan kotoran.

Mitos unik yang terlihat sangat lucu juga terjadi pada masyarakat yang tinggal di bagian Utara Jepang. Penduduk asli di sana punya keyakinan bila suara kentut yang terlalu keras bisa membuat rejeki semakin lancar. Karena ini mereka akan melakukan sujud ketika muncul suara kentut di sekitarnya meski menimbulkan bau yang tidak sedap. Dengan melakukan sujud orang itu berharap nasib yang baik juga akan ikut menghampiri dirinya.

Lain lagi di negara China yang berbatasan dengan Rusia. Ketika ada orang yang mengeluarkan kentut namun tidak menimbulkan suara yang sangat khas, maka dia akan segera membersihkan diri atau mandi dengan air sebanyak mungkin. Tujuannya adalah agar kotoran yang masih ada di dalam tubuh bisa segera hilang. Mereka yakin jika kentut yang muncul tanpa suara berarti masih ada kotoran yang berada di dalam tubuh jasmaninya meski tidak bisa terlihat.

Penduduk yang tinggal di sebuah desa di pedalaman Afrika juga punya anggapan dan mitos lucu tentang kentut. Ketika mau berangkat melalukan perburuan, jika tiba-tiba ada rombongan yang kentut maka mereka langsung membatalkan acara perburuan binatang tersebut. Suara kentut itu dianggap sebagai pertanda akan munculnya suatu bahaya misalnya akan terkena serangan binatang buas dan sebagainya.

Namun sebaliknya, ketika kentut itu muncul ketika perburuan sudah selesai dilakukan maka binatang hasil buruan tersebut dianggap akan membawa keberuntungan bagi siapa saja yang mau menikmatinya. Jadi bukan hal yang mengherankan jika binatang itu sering menjadi rebutan dan memunculkan perseteruan atau perkelahian.

Sedangkan penduduk asli yang tinggal pada suatu wilayah di Amerika Selatan punya mitos lucu tentang kentut yaitu anggapan bila suara kentut yang muncul pada pagi hari setelah bangun tidur merupakan suatu tanda  akan terjadi peristiwa yang tidak mengenakan pada dirinya sepanjang hari tersebut. Karena itu orang yang kentut pada waktu tersebut akan bersikap lebih hati-hati sepanjang hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar