Minggu, 04 November 2012

Cerita Cinta Romantis yang Melegenda, Menjadi Dongeng Abadi

Cerita cinta romantis yang melegenda, menjadi dongeng abadi, selalu menjadi kisah yang selalu dikenang dan diceritakan kembali dari satu generasi ke generasi yang berikutnya sehingga menjadi cerita abadi dan menjadi dongeng yang tidak bisa hilang dan musnah begitu saja. Apalagi jika tokoh dalam cerita itu punya karakter yang kuat dan mengandung nilai perjuangan yang tinggi untuk mempertahankan hubungan cinta ketika harus menghadapi aneka macam cobaan yang datang mendera.

Cerita cinta romantis

Berikut ini ada beberapa dongeng atau cerita cinta romantis yang kisahnya tetap menjadi kenangan abadi hingga saat ini. Yang pertama dan paling mendapat banyak pujian tentu cerita legendaris dari Inggris yaitu Romeo and Juliet. Kisah percintaan yang memunculkan tragedi ini hingga saat ini sering dijadikan bahan kajian dalam dunia sastra dan banyak ditampilkan dalam versi drama atau film.

Secara garis besar kisahnya menceritakan tentang persaingan yang terjadi antara dua keluarga. Namun ada anak dari keluarga yang sedang berseteru ini justru menjalin hubungan asmara dan karena tidak ada persetujuan dari orang tua mereka, menyebabkan keduanya meninggal dengan cara yang sangat tragis yaitu bunuh diri.

Layla dan Majnun adalah legenda kisah cinta sepasang anak manusia yang berasal dari Timur Tengah. Sama dengan Romeo dan Juliet, mereka juga tidak mendapat restu dari orang tuanya. Layla lalu memutuskan untuk menikah dengan pemuda lain. Hal ini membuat Majnun patah hati kemudian menyepi di gurun pasir. Di tempat yang sangat sunyi itu akhirnya  dia menjadi lupa ingatan atau gila dan meninggal. Mengetahui kabar yang sangat menyedihkan ini Layla menjadi sakit.

Cerita cinta romantis hubungan antara Antony dan Cleopatra merupakan dongeng dari Mesir yang dibuat berdasarkan kisah nyata dari ratu yang pernah berkuasa di negeri ini dan punya hubungan asmara dengan seorang panglima dari Roma yang bernama Antony. Cerita yang juga dibumbui dengan urusan politik ini juga berakhir menyedihkan sebab keduanya sama-sama meninggal dunia meski dalam waktu yang tidak bersamaan.

Cerita cinta lain yang juga terlihat sangat romantis adalah Rama dan Shinta yang merupakan bagian dari cerita panjang Ramayana. Untuk mendapatkan orang yang dicintai dan dikasihinya Rama harus bisa membebaskan Shinta yang diculik oleh seorang raja yang berwujud raksasa dan punya nama Rahwana. Namun setelah pembebasan sukses dilakukan, Rama merasa curiga jika Shinta telah mengkhianati dirinya. Untuk membuktikan bila dirinya tetap setia pada Rama, Shinta membakar dirinya dalam kobaran api. Dan karena hatinya masih bersih dan suci, kobaran api tersebut tidak melukai dirinya. Maka Rama kembali menerima persembahan cinta dari Shinta dengan penuh suka cita.

Itulah beberapa cerita cinta romantis yang melegenda dan  menjadi dongeng abadi yang turun temurun hingga sekarang masih sangat menyentuh hati walau kita telah berulang kali mendengarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar