Sabtu, 09 Juli 2011

Masjid dan Gereja Pun Berdampingan





 

gereja kristen jawa atau gkj joyodiningratan dan masjid al hikmah di kota solo, jawa tengah, sejak sekitar 60 tahun lalu berdiri berdampingan. Umat dari dua tempat ibadah itu pun hidup berdampingan. Bahkan, gereja dan masjid ini menggunakan alamat yang sama, yakni jalan gatot subroto 222, kampung joyodiningratan, kratonan, serengan, solo. Mereka membangun harmoni kehidupan dengan saling menghargai. Bagi pihak gereja, mendengarkan suara azan pada saat khotbah sudah menjadi hal biasa. Begitu juga bagi jemaah masjid, mendengar paduan suara dari gereja juga sudah biasa. Jemaah shalat id yang memenuhi jalan raya, termasuk area depan gereja, sudah biasa terjadi.
 
Tak heran, walau pemimpin di gereja maupun pengurus masjid telah berganti-ganti, kedua tempat ibadah ini tetap eksis hingga sekarang. Ketika hari raya idul fitri jatuh pada hari minggu, demi menghormati umat yang mengikuti shalat id di masjid al hikmah, pihak gkj meniadakan kebaktian pagi hari. 
 
"biasanya setiap minggu kebaktian dilakukan empat kali. Namun, kalau hari minggu itu bertepatan dengan shalat idul fitri, maka khusus kebaktian pukul 06.30 kami tiadakan," tutur pendeta widiatmo herdjanto sth, pendeta jemaat gkj joyodiningratan yang memimpin gereja tersebut selama 20 tahun. Jika perayaan natal berlangsung, biasanya urusan parkir kendaraan dari jemaat gereja dibantu pemuda masjid. Bahkan, ketika seorang pendeta di gkj joyodiningratan meninggal, pengurus masjid al hikmah menyediakan tempat parkir di sekitar masjid. 

kerukunan umat masjid al hikmah dan gkj joyodiningratan disimbolkan dengan tugu berbentuk lilin yang didirikan persis di antara tembok gereja dan masjid. Tugu itu dibuat sebagai komitmen pihak masjid dan gereja untuk selalu menjaga hubungan baik. Masjid al hikmah dibangun tahun 1947 di atas tanah milik haji ahmad zaini. Adapun gedung gkj dibangun tahun 1929.

"almarhum bapak mertua saya punya tanah persis di samping gereja. Ia lalu menyampaikan izin membangun masjid di tanah itu. Sekarang masjid diwakafkan untuk umat," ujar gusti nur aida (60) yang tinggal di joyodiningratan sejak 1967.

Pendeta gereja dari masa ke masa telah biasa memenuhi undangan halal bihalal yang diadakan warga kampung setempat. Hubungan antarumat juga terjalin cukup erat. "kalau lebaran saya dikirim roti oleh tetangga-tetangga yang non-muslim. Gantian saat natal, saya kirim kue ke tempat mereka," ungkap gusti. Umat masjid dan gereja pernah bahu-membahu membantu korban gempa yogyakarta dan klaten tahun 2006. "waktu itu masjid sedang membuat acara bakti sosial untuk korban gempa. Gereja dan tetangga yang non-muslim ikut memberi bantuannya," ungkap ketua takmir masjid al hikmah m nasir (45).

Ayah nasir, abu bakar, adalah salah satu yang terlibat dalam kesepakatan menjaga hubungan harmonis antara gereja dan masjid. "waktu masjid mau ditingkat, kami menyampaikan dan minta izin ke pendeta. Begitu juga sebaliknya, saat gereja mau ditingkat, mereka datang dan minta izin ke sini," sebut nasir.

Menurut nasir, pernah ada usaha provokasi dari pihak luar. Namun, latar belakang dan sejarah hubungan keduanya yang sudah terjalin baik menjadi penangkal hasutan tersebut. "tugu lilin itu punya makna dalam. Setiap kali melihatnya, kami teringat bahwa bapak ibu kami dulu telah membangun fondasi hubungan yang baik. Jangan sampai itu rusak dalam sekejap. Hubungan seperti ini sangat indah," kata nasir.

Untuk Masjid Al-Hikmah Surakarta (Joyodingratan)

Nama Sumbernya Bukan Nasir : Tapi Natsir (Ketua Takmir Masjid hgga sekarang)

Terus salah satu anak pewakaf : nur waida (sekarang alm.).
ane alhamdulillah, bisa jadi saksi kerukunan umat beragama dalam membantu umat.

Seperti ketika ada bencana gempa di Yogyakarta tepatnya di Ganti warno. pihak masjid dan gereja mengumpulkan dana bantuan dalam berbagai bentuk yang bisa dimanfaatkan yang kemudian dibagikan oleh para jamaah masjid untuk para korban bencana.


tapi untuk urusan pelaksanaan ibadah, masing2 jamaah tetep sendiri2 sesuai dengan ajaran masing2 dan hingga saat ini saling menghormati satu sama lain.


NB:Oya untuk pembangunan masjid ini bisa sampai megah karena amalan jariyah dari seorang dermawan bernama H. Makdum.

Itu artinya, masyarakat solo khususnya jamaah kedua tempat ibadah itu, cara berfikirnya sudah sangat dewasa. Keduanya sudah sangat mengerti batasan-batasan toleransi agama masing-masing seperti...

Pemuda atau pengurus gereja, gak perlu ikut bagiin zakat fitrah, tapi mereka membantu keamanan dan parkir. Begitu juga para pemuda atau pengurus masjid, gak perlu ikut merayakan malam natal didalam gereja, tapi mereka membantu kelancaran dan kenyamanan jemaat gereja yang sedang merayakan hari besar agamanya.


Harusnya hal ini diikuti daerah-daerah lain, terutama Jakarta. Nabi Muhammad Saw juga pernah bersabda, agar kita (umat Islam) melindungi umat minoritas yang ada dilingkungan (disekitar )kita dan melarang mengusir mereka dari tempat-tempat tinggal mereka.



Terus Masjid Sunda Kelapa sama Gereja Ayam aja sebelahan




dua tempat ibadah di tanjung priok jakarta utara berdiri berdampingan selama lebih dari setengah abad. Tidak hanya bangunannya yang berdampingan. Jemaat gereja mahanaim dan masjid al muqarrabien pun akrab menjalin kebersamaan, meski berlatar belakang agama berbeda. Saat gereja diserang, warga muslim tak ragu melindungi.




masjid miftahul huda di desa balun, kec. Turi, kab. Lamongan, jawa timur, ini berdampingan dengan pura sweta maha suci dan gereja kristen jawi wetan. Masjid berarsitek ala timur tengah ini berdiri sejak 1960-an. Masjid ini menjadi sebagian bukti bahwa umat islam tetap dapat beribadah dengan tenang meski di sekitarnya berdiri rumah ibadah agama lain, asal mereka belum teracuni ide-ide kelompok radikal yang rajin menyebarkan permusuhan dan kebencian. Negara harus memberantas kelompok-kelompok yang membahayakan persatuan bangsa ini.




Di Jombang, Masjid dan Gereja pun Satu Tembok 
 
sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7707204 
http://jelajahunik.blogspot.com/2011/07/gereja-masjid-cekidot-gann.html

Jembatan yang mengerikan di Dunia, Tapi Unik

1. Jembatan Immortal (Cina)
Gunung Tai di Provinsi Shandon Cina telah memiliki nilai budaya dan agama selama ribuan tahun. Ini adalah salah satu dari lima gunung suci dari Cina dan berhubungan dengan kelahiran, fajar dan kebangkitan.
 Ketika Anda mendaki sampai gunung Anda akan menemukan Jembatan Immortal ini.Jembatan ini terdiri dari tiga batu besar dan beberapa yang lebih kecil. Di bawah ini adalah sebuah lembah dan selatan adalah jurang yang sepertinya tampak tak berdasar. Tidak ada yang cukup tahu mengapa batu2 besar itu jatuh dan tersusun ke tempat itu saat ini tetapi sangat mungkin batu-batu jembatan alam itu telah ada sejak zaman es

2. Jembatan Tua Konitsa (Yunani)
Jembatan ini seelama berabad-abad dalam membentang di sungai Aoos Yunanu, yang penuh di musim dingin. Jika Anda melihat dengan cermat ke kanan di bawah bagian atas jembatan, Anda dapat melihat sebuah lonceng kecil. Penduduk desa mengatakan bahwa ketika ada cukup angin sehingga bel itu berbunyi,saat itu terlalu berbahaya untuk menyeberangi jembatan

3. Jembatan Tali Carrick-a-Rede (Irlandia)
Carrick-a-Rede Rope Bridge adalah suspensi tali jembatan dekat Ballintoy, County Antrim, Irlandia Utara. Jembatan menghubungkan daratan ke Pulau kecil Carrick .
Situs ini dimiliki dan dikelola oleh National Trust, meliputi dua puluh meter dan adalah tiga puluh meter di atas batu di bawah ini.Hari ini jembatan ini menjadi objek wisata, dengan 247.000 pengunjung pada tahun 2009. Ketika terjadi angin di atas jembatan, ini benar-benar sebuah pengalaman yang menegangkan, menakutkan sekaligus menantang (jika Anda takut ketinggian) tapi menggembirakan

4. Jembatan Royal Gorge
Royal Gorge Bridge adalah objek wisata dekat Canon City, Colorado, dalam sebuah taman 360-hektar.
Dek jembatan tergantung dalam ketinggian 955 kaki (291 m) di atas Sungai Arkansas, dan memegang rekor jembatan tertinggi di dunia dari tahun 1929 hingga tahun 2003, ketika dikalahkan oleh Jembatan Sungai Beipanjiang di Cina.
Ini adalah jembatan gantung dengan bentang utama 938 kaki (286 m).Jembatan yang panjangnya 1.260 kaki (384 m) dan lebar 18 kaki (5,5 m) , dengan papan kayu berjumlah 1292. Jembatan yang digantungkan dari menara setinggi 150 kaki (46 m)

5. Jembatan Tali Inca (Inca Empire, Peru)
jembatan tali Inca adalah jembatan suspensi sederhana atas lembah dan jurang (pongos) untuk menyediakan akses bagi Kekaisaran Inca. Jembatan jenis ini cocok digunakan karena orang-orang Inca tidak menggunakan roda transportasi - lalu lintas terbatas pada pejalan kaki atau menuntun ternak.Jembatan ini merupakan bagian integral pada sistem jalan Inca dan merupakan contoh inovasi teknologi kekaisaran Inca .Mereka sering digunakan oleh pelari Chasqui menyampaikan pesan ke seluruh wilaayah Kekaisaran Inca.

Suku Inca menggunakan serat alami yang ditemukan dalam vegetasi lokal untuk membangun jembatan. Serat ini dijalin bersama sehingga menciptakan tali yang cukup kuat dan diperkuat dengan kayu sebagai lantai kabel. Masing-masing bagian kemudian melekat pada sepasang jangkar batu pada setiap sisi ngarai dengan kabel besar dari bahan rumput tenunan menghubungkan kedua tiang bersama-sama.

Menambahkan untuk konstruksi ini, dua kabel tambahan yang bertindak sebagai pagar. Kabel yang mendukung jalur-kaki yang diperkuat dengan cabang-cabang anyaman. Sistem multi-struktur yang dibuat pada jembatan ini cukup kuat bahkan untuk membawa pasukan Spanyol yang menunggang kuda setelah mereka tiba.
Namun, jembatan besar begitu berat sehingga mereka cenderung merosot di tengah, dan ini menyebabkan mereka melenggok ketika datang angin yang kuat.

Bagian dari kekuatan jembatan dan reliabilitas berasal dari fakta bahwa setiap kabel diganti setiap tahun oleh penduduk setempat sebagai bagian dari pelayanan "mita" untuk publik atau menjadi seperti kewajiban.
Dalam beberapa kasus, para petani lokal mempunyai tugas tunggal menjaga dan memperbaiki jembatan tersebut sehingga jalan raya Inca atau sistem jalan bisa terus berfungsi. Jembatan terbesar semacam ini ada di Canyon Apurimac di sepanjang jalan utama dari utara Cuzco

6. Jembatan Gantung Pulau Langkawi (Malaysia)
Jembatan ini meliputi jembatan langit di sekitar ngarai di Pulau Langkawi, yang merupakan pulau terbesar di kepulauan Langkawi, Malaysia. Melayang pada ketinggian 687 m di atas permukaan laut, menawarkan pemandangan Laut Andaman dan Pulau Thailand Tarutao . Pandangan dari jembatan ini benar-benar membuat orang menahan nafas - kurva bangunan memberikan perspektif yang berbeda dari pemandangan.

Jembatan Langit adalah salah satu jembatan yang paling spektakuler di dunia yang bisa membuat kita lebih memompa adrenalin. Kabel unik-jembatan digantung oleh hanya satu tiang pendukung. Tiang ini sepanjang 95 yard yang diikatkan oleh 8 kabel untuk penyeimbang. Bentang jembatan penyeberangan melengkung 125 m di sebuah jurang yang spektakuler.Jembatan ini mempunyai panjang 136 meter dan lebar 2 meter. pada lebar 1,8 m jembatan langit memiliki dua platform segitiga selebar 3,6 myang menyediakan area tampilan spektakuler bagi pengunjung. Dan ingatlah ketika anda ada di depan jembatan, Anda berdiri 687 m di atas permukaan laut.

7. Puente de Ojuela (Mexico)
Ojuela adalah pemukiman pertambangan kecil terletak di barat laut kota Durango, di Meksiko utara. penyelesaian ini sekarang dikenal sebagai kota hantu sebagai akibat dari bijih mineral yang lelah. Satu-satunya yang masih hidup dari struktur fungsional adalah jembatan gantung.Jembatan ini dikenal sebagai "Puente de Ojuela" (Ojuela Bridge) oleh penduduk setempat.

Jembatan asli dirancang oleh Roebling bersaudara yang terkenal, yang juga merancang Jembatan Brooklyn. Pada saat konstruksi, Puente de Ojuela adalah jembatan gantung terpanjang ketiga di dunia. Itu dibangun kembali baru-baru ini oleh Perusahaan PeƱoles,bangunan yang asli dibatalkan dan hanya lengkungan utama sekarang ditampilkan di TorreĆ³n Exposition Center

8. Jembatan gantung Hussaini(Pakistan)
Dikenal sebagai jembatan yang paling berbahaya di dunia, Hussaini Hanging Bridge adalah hanya salah satu dari banyak jembatan tali genting di Pakistan Utara.
Untuk sebagian besar warga, satu-satunya cara untuk bepergian adalah dengan berjalan melintasi gunung untuk sampai ke Rawalpindi.Pada tahun 1978, Jalan Raya Karakoram telah selesai dan wilayah itu dihubungkan, tapi perjalanan antar-wilayah masih sesulit itu 100 tahun yang lalu.

Aspek Reguler perjalanan melewati kawasan ini termasuk kabel reyot dan jembatan papan yang lintas Utara Pakistan gunung sungai dan sungai. Di antaranya adalah JEmbatan gantung Hussaini , persimpangan Borit Danau di Upper Hunza. jembatan tali ini adalah sangat panjang namun kurang terpelihara. Banyak papan yang hilang, dan angin kencang mengguncang jembatan saat Anda menyeberang.

Ini tidak sedikit untuk meredakan nervous pada jembatan sebelumnya,jembatan tua, rusak , tergantung compang-camping di samping jembatan yang "baru".
Meskipun terlihat berbahaya, bagaimanapun, Hussaini adalah jembatan yang relatif aman dan telah menjadi sesuatu yang menarik wisatawan, dengan banyak pendaki yang mencoba menyebrang untuk menguju nyali melintasinya

9. Jembatan Sungai Vitim(Siberia)

Vitim adalah sungai yang lebar di Siberia, Rusia. Jembatan yang disediakan untuk Anda melintasi terbuat dari kayu dan tidak dalam kondisi yang baik.

Jembatan ini cukup lebar untuk satu mobil sepanjang 570 meter (1870 kaki) sehingga memerlukan 3 menit berkendara di atasnya jika Anda seorang pengemudi yang terampil.
Jika Anda tidak begitu terampil, Anda dapat melihat 15 meter ke Sungai Vitim, yang tidak menyenangkan.

Dan itu benar-benar bukan apa-apa. Jembatan Sungai Vitim di Siberia Rusia. Bagi mereka yang tidak tahu daerah ini, daerah ini diselimuti musim dingin yang ekstrem hampir sepanjang tahun dengan suhu di bawah Northern Ontario dan semuanya tertutup salju dan es.Jembatan ini berubah menjadi sebuah Icicle dengan penduduk setempat belum ada traksi drive atas dan ke bawah jembatan ini karena sering satu-satunya cara mereka di Sungai Vitim.

10. Jembatan Alam Bryce Canyon's Utah, AS)
Natural Bridge, lengkungan paling populer di Bryce Canyon, terletak 1,7 mil terakhir Fairview Point dan terlihat dari Jembatan Alam . Penamaan Natural Bridge di Bryce Canyon menyebabkan sedikit keributan di kalangan geologi. Meskipun buatan struktur alam tampak seperti jembatan, itu sebenarnya lengkungan.
 
http://jelajahunik.blogspot.com/2011/05/10-jembatan-paling-eksotik-dan.html

Perairan di dunia yang Paling rawan perompak


1. Teluk Aden
Pada akhir 2008, perhatian dunia tertuju kepada perairan yang terletak di dekat Semenanjung Afrika ini. Salah satu kapal super tanker minyak terbesar di dunia milik Arab Saudi yang sedang mengangkut dua juta barel minyak mentah dibajak oleh para perompak dari Somalia.

Peristiwa itu tercatat sebagai perompakan atas kapal laut terbesar yang pernah terjadi di dunia. Kapal bernama Sirius Star itu diestimasi berharga US$150 juta dengan taksiran muatan minyak senilai US$100 juta.

Para perompak Somalia tidak hanya tertarik pada kapal kargo. Sebuah kapal yacht berbendera Perancis bernama Carre D’as IV pernah dibajak oleh perompak Somalia.
 
2. Nigeria
Kapal kontainer asal Denmark bernama Claes Maersk dibajak oleh perompak ketika sedang bersandar di dermaga. Para perompak menggunakan speedboat untuk mencapai kapal. Laporan mengenai perompakan ini tidak pernah ditanggapi oleh pihak pemerintah Nigeria.

Hingga September 2008, terdapat 24 kali serangan di perairan Nigeria, atau lebih dari dua kali dalam sebulan. Nigeria menempati urutan kedua setelah Teluk Aden sebagai wilayah dengan perairan paling rawan di dunia.

3. Indonesia
Dengan status sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia yang terdiri dari sekitar 17.000 pulau besar dan kecil tentu menjadi lokasi yang amat potensial untuk melakukan perompakan. Minimnya tingkat keamanan di laut menjadikan perompak leluasa untuk beraksi.

Pada April 2008, kapal pengiriman besar milik Norwegia, Spar Cetus, dibajak oleh dua belas perompak asal Indonesia. Sempat terjadi pertempuran kecil antara para perompak dan awak kapal yang pada akhirnya dimenangkan oleh pihak perompak.

Hingga September 2009, terdapat 23 serangan perompakan yang terjadi di perairan Indonesia, atau lebih dari dua serangan tiap bulan. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai wilayah dengan perairan paling rawan ketiga di dunia setelah Teluk Aden dan Nigeria.

4. Tanzania

Negara yang terletak di Afrika Timur ini memiliki alam yang indah dan terkenal sebagai surga bagi para snorkeler (penggemar olahraga snorkeling). Akan tetapi, negara ini ternyata juga menjadi “alam” yang indah bagi para perompak. Tanzania terletak di dekat Samudra Hindia, perairan paling sibuk yang dilalui oleh dua pertiga kapal tanker minyak dunia dan kapal kargo besar lainnya.

Pada September 2008, kapal kontainer milik Liberia, Safmarine Asia, dibajak oleh para perompak. Mereka berhasil membongkar tiga kontainer dan membawa barang-barang milik awak kapal.

Hingga September 2008, terjadi 14 serangan, atau hampir dua kali tiap bulan. Tanzania menempati posisi keempat sebagai wilayah dengan perairan paling rawan di dunia.

5. Teluk Somalia

Teluk Somalia sepanjang 1.880 mil atau teluk terpanjang di Afrika sering digunakan oleh para perompak untuk membajak kapal yang melayani rute pengiriman barang melalui Laut Merah.

Faina, sebuah kapal kontainer milik Ukraina, yang sedang mengangkut persenjataan buatan Soviet, termasuk 72 tank, dibajak oleh 50 perompak bersenjata pada September 2008. Pembajakan ini menjadi salah satu peristiwa yang mendapatkan perhatian dunia. Proses negosiasi tebusan berlangsung alot dan memperoleh bantuan dari kapal perang milik Amerika.

Per September 2008 terdapat 12 serangan di Teluk Somalia, atau lebih dari satu kali serangan tiap bulan. Ini menjadikan Teluk Somalia sebagai perairan paling rawan nomor lima di dunia.
Pada bulan Maret 2011, Kapal MV. Sinar Kudus milik PT. Samudra Indonesia juga dibajak diperairan ini.

6. India
Di India, tujuh perompak menaiki kapal terbuka sepanjang 12 meter dan mendekati kapal tanker yang mengangkut bahan kimia, Acavus. Per September 2008, terdapat 10 serangan di perairan India. Alhasil, India menempati posisi keenam sebagai wilayah dengan perairan paling berbahaya di dunia.

sumber 

http://jelajahunik.blogspot.com/2011/05/6-perairan-paling-rawan-perompak-di.html